Tutorial Color Grading Di Adobe Primer

Apa Itu Color Grading?

Color grading adalah proses koreksi warna yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas visual gambar atau video. Cara membuat color grading yakni dengan memanipulasi warna untuk membangun setting dan suasana sesuai konsep cerita. Manipulasi ini dilakukan dengan cara mengatur warna dasar seperti shot matchingshape mask, removing objects, dan lain-lain. Biasanya color grading Premier dibarengi dengan color correction, seperti mengedit kontras, hue, saturationblack levelwhite point, dan lain-lain. Bisa digunakan untuk foto, video, maupun still images.

Tingkat kerumitan untuk meracik warnanya pun berbeda-beda karena ada preset-nya masing-masing. Namun akan lebih rumit lagi jika footage yang digunakan kurang mendukung untuk diubah warnanya. Hal yang kerap menjadi permasalahan adalah soal pencahayaan. Bisa jadi terlalu overexposure atau malah underexposure. Meskipun demikian, seorang video editor harus kreatif untuk mencari jalan keluar saat mengolah gambar. Solusinya adalah dengan memaksimalkan teknik membuat color grading dan color correction.

Manfaat Membuat Color Grading

ebelum kamu mulai mengedit video, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa saja manfaat dari color grading. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Membangun suasana sesuai tema, alur, dan konsep cerita.
  2. Memberikan efek cinematic looks.
  3. Membuat video kamu terlihat lebih profesional.
  4. Melakukan shot matching agar nggak merusak imajinasi penonton.

Diterbitkan oleh Sorongcreative

perkenalkan nama saya fariski saputra salam hangat kalian yang sudah mengunjungi web saya Terima kasih🙏

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai